Selasa, 19 Oktober 2010

Resume Layout KTI menggunakan Style

Didalam Microsoft Word banyak yang bisa mendukung dalam pembuatan karya tulis. Misalnya dalam pembuatan Karya Tulis Ilmiah, cerpen, surat menyurat,  berita dalam bentuk Koran dan lain-lain.
Tulisan-tulisan bisa di atur sebaik mungkin dengan menggunakan fungsi-fungsi yang ada dalam Microsoft word. Penulisan bisa diatur kata demi kata maupun huruf demi huruf. Bentuk kata ataupun huruf bisa diatu dan dirubah sesuai dengan keinginan penulis.
Microsoft word juga bisa digunakan dalam persentase suatu data, dengan menggunakan diagram. Diagram juga mempunyai berbagai macam bentuk sesuai yang akan dipersentasekan. Untuk diagram lebih menarik, diagram bisa dirancang semenarik mungkin dengan pemberian warna dan 3D.


            Dalam penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk mengatur halaman maupun huruf microsoft word menyediakan sarana penunjang seperti :
1)     Pengaturan layout  pendahuluan dan bab 1
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya :
·        Jarak dari atas ke bawahnya harus 4 spasi. Dapat dilakukan  dengan cara : format – paragraph - before 48 - after 6 – ok.
·        Klik ctrl+E (center) untuk meletakkan tulisannya ke tengah.
·        Tulisannya harus dengan huruf capital. Untuk memformatnya dapat dilakukan dengan cara : format – font - all capital.

Untuk menyamakan jarak antara “BAB I” dengan “BAB II”, dapat dilakukan dengan cara :
o       Kita harus mem-blog dulu paragraphnya.
o       Kemudian cari icon style.
o       Setelah itu, pilih tanda segitiga yang terletak di sebelah kanan style -  ketik “BAB I” - enter.
o       Kemudian klik di “BAB II” - klik style yang sama dengan “BAB I” tadi - enter

2)     Cara pembuatan table :
§         Pembuatan table dimulai dari baris yang kosong.
§         Gunakan style yang normal (jangan gunakan style yang berwarna)
§         Pilih Insert – table.
§         Tentukan banyak baris dan kolom yang dibutuhkan. Kemudian pilih ok.
§         Untuk memposisikan tulisan ke tengah dapat dilakukan dengan cara : klik kanan dalam cell - table properties – center.
§         Agar table terlihat pas dan lebih rapi dapat dilakukan dengan cara : klik kanan dalam cell - autofit - autofit contens.

3)     Cara membuat grafik dari table yang telah dibuat
Ø      Masukkan grafik terlebih dahulu dengan cara : insert – picture – chart.
Ø      Jika batang grafiknya berlebih, maka dapat dihapus dengan cara klik kanan pada ABCD table data sheet, kemudian pilih delete.
Ø      Jika batang grafik dihapus, maka akan ada tempat grafik yang tersisa. Tempat batang grafik ini dapat dihapus dengan cara :  blok tempat batang grafik tersebut - klik kanan di bawah cell data- delete.
Kita juga dapat mengubah bentuk grafiknya dengan cara : Klik kanan pada grafik – format data series – shape – kemudian pilih bentuk grafik yang diinginkan.
Selain itu, untuk lebih menyempurnakan grafik, kita dapat memberi angka di atas batang grafik. Hal ini dapat dilakukan dengan cara : klik kanan pada batang grafik – format data cell – data labels – value – ok.

Kita juga dapat membuat rumus-rumus dengan cara :
Insert – object – Microsoft Equation 3.0.
Kemudian akan muncul icon-icon yang dapat kita gunakan dalam membuat rumus-rumus tertentu.
4)     Cara membuat “add note” dan “foot note”
Head note      : peletakan pada halaman yang bersangkutan.
Foot note        : catatan kaki pada akhir dokumen.
Untuk membuatnya dapat dilakukan dengan cara : Insert – preference – foot note.

5)     Cara membuat halaman pada page.
Pemberian halaman dapat dilakukan dengan cara : insert - page number - pilih bentuk dan letak yang diperlukan – ok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar